Wewewa Utara

Merupakan Kecamatan dengan jarak dari pusat pemerintahan ± 35 Km dari pusat kota. Luas wilayah ± 63,26 Km˛ yang berbatasan sebagai berikut :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kab. Sumba Barat;
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kec. Wewewa Timur;
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kec. Loura;
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kec. Wewewa Timur dan Kab. Sumba Barat.

Kecamatan Wewewa Utara terdiri dari 6 desa, 24 dusun/lingkungan, 48 Rukun Warga (RW) dan 96 Rukun Tetangga (RT). Dengan jumlah penduduk sebesar 10.633 jiwa dengan rata-rata kepadatan penduduk 168 jiwa/Km˛. Kepadatan tersebut masih berada dibawah  rata-rata kepadatan Kabupaten sebesar  177 jiwa/Km˛.

Obyek Wisata
Kecamatan Wewewa Utara kaya akan obyek pariwisata sedikitnya mempunyai beberapa obyek wisata yang secara terus menerus dikembangkan infrastruktur aksebilitasnya yaitu dengan Kampung Situs Bondo Ponda (Desa Mata Loko). Palla juga terkenal dengan beberapa tarian kreasi modern.

Selain sebagai tujuan/obyek wisata Kecamatan Wewewa Utara  memiliki home industri yang cukup terkenal yang memiliki daya tarik tersendiri yang spesifik yaitu kain tenun yang dapat menembus pasar nasional.

Sumba Barat Daya

Kabupaten Sumba Barat Daya merupakan salah satu Kabupaten pemekaran dari Kabupaten Sumba Barat dan yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 16 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Sumba Barat Daya dalam Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2007, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4692) sehingga menjadi salah satu Kabupaten dari 21 Kabupaten / Kota Madya di Provinsi Nusa Tenggara Timur.