89 Calon Bintara Polres SBD Lolos Seleksi Administrasi

SHARE

Tambolaka, Kominfo– Sebanyak 89 peserta Calon Bintara Polres Sumba Barat Daya (SBD) lolos mengikuti seleksi administrasi setelah melewati tahap pendaftaran online dan mengirim seluruh dokumen secara online.

Untuk peserta Calon Bintara Polki berjumlah 73 orang dan Calon Bintara Polwan berjumlah 16 orang.

Peserta Calon Bintara yang lolos sebelum diberangkat ke Kota Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diberikan arahan dan pembinaan oleh Kasubbag Hukum Polres SBD Ipda Ahmad Sidiq di halaman Polres SBD Waitabula Tambolaka Kabupaten SBD Propinsi NTT, Senin (24/8/2020).

Kasubbag Polres SBD Ipda Ahmad Sidiq selaku Ketua Tim Pendaftaran Calon Siswa Polki dan Polwan Bintara Polda NTT mengatakan sebelum berangkat ke Kupang kalau ada berkas administrasi yang belum dilengkapi dalam hard copi supaya segera di lengkapi.

Semua berkas atau dokumen yang dibawah ke Kupang dicek masing-masing, sehingga nanti tiba waktunya berangkat tidak ada dokumen atau berkas yang terlupakan.

“Isi secara teratur di dalam map, perhatikan semua berkas sudah dilegalisir oleh pihak yang berwajib. Mulai dari ijazah, akta lahir, KTP, Kartu Keluarga, maupun berkas lain yang dibutuhkan sebagai persyaratan untuk mengikuti tes Polri,” ujarnya.

Kasipropam Polres SBD Ipda Abang Ali Baisapa selaku Ketua Tim Rikmin juga menegaskan kepada Peserta Calon Bintara bahwa untuk meloloskan diri sebagai anggota Polri ada pada Anda masing-masing.

Anda lolos sebagai anggota Polri bukan karena ada hubungan kekeluargaan dari pihak penyelenggara. Tetapi itu merupakan berkat dari yang mahakuasa dan kerja keras Anda sendiri saat mengikuti pelatihan dan pendidikan di Kupang.

Untuk itu persiapkan diri kalian dengan baik, persiapkan mental yang dan juga belajarlah dengan baik. Jaga kesehatan masing-masing, jangan sampai Anda tergelincir ditengah jalan.

"Karena mental, kepintaran dan kesehatan itu yang paling penting saat mendaftarkan diri sebagai calon anggota Polri,” tuturnya.

Kapolres SBD AKPB Joseph F.H. Mandagi, S.IK selaku Ketua Pabanrim yang ditemui media Kominfo, Suara Jarmas dan TVRI Kota Kupang juga memberikan arahan dan himbauan kepada Calon Bintara untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum berangkat ke Kupang untuk mengikuti pelatihan dan pendidikan.

Mulai dari kelengkapan administrasi, nilai hasil Ujian Nasional atau nilai raport semester 6 di bangku SMA, dan juga kesehatan.

Tipikal masyarakat di Kabupaten SBD, ada anak yang dipengaruhi oleh minum keras. Kalau mau mengikuti tes Polri, hal seperti itu harus dihindari.

Intinya yang menang persiapan itu yang dipilih untuk mengikuti tahap lebih lanjut. (MC. Kabupaten Sumba Barat Daya/Isto/toeb)