BPK-RI Periksa Kinerja Dinas Pariwisata Sumba Barat Daya

SHARE

Tambolaka, Kominfo - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Timur melakukan pemeriksaan kinerja Dinas Pariwisata Sumba Barat Daya melalui forum group diskusi dengan beberapa organisasi perangkat daerah, Selasa (9/11/2021).

Ketua Tim, Yulius Kristanto, mengatakan bahwa periksaan ini untuk melihat efektivitas Dinas Pariwisata sehubungan dengan destinasi wisata, baik itu potensi, masalah dan solusinya.

Forum group diskusi ini dibuka oleh Bupati Sumba Barat Daya, dr. Kornelius Kodi Mete, yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sumba Barat Daya, Daud Lende Umbu Moto.

Dalam kesempatan ini, Daud mengatakan bahwa pembangunan pariwisata harus dilaksanakan secara kolaboratif sehingga menghasilkan destinasi pariwisata yang berkualitas.

Dalam diskusi ini, Kadis Komunikasi dan Informatika Sumba Barat Daya, drh. Rihimeha Anggung Praing, MP. menyampaikan bahwa untuk pembangunan pariwisata yang berkualitas tidak mungkin kita menyentuh semua destinasi pariwisata dalam satu waktu karena keterbatasan anggaran baik dari sisi akses maupun sarana prasarana lainnya.

Oleh karena itu, kata Praing, diperlukan cara berpikir fokus untuk menentukan destinasi mana yang paling memberikan multiplier effect bagi pembangunan ekonomi rakyat.

Semua organisasi perangkat daerah yang mengikuti diskusi sepakat agar pembangunan pariwisata dilakukan secara kolaboratif.