BUMN di SBD Sumbang APD untuk Penanganan Covid-19

SHARE

Tambolaka, Diskominfo – Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Waitabula, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) menyerahkan bantuan APD dalam rangka penanggulangana covid-19.

Pimpinan Cabang PT. Pegadaian (Persero) Waitabula Gregorius Geroda, menyerahkan secara resmi bantuan APD kepada Bupati SBD Kornelius Kodi Mete, disaksikan Wakil Bupati Marthen Christian Taka, perwakilan BUMN lainnya dan tim gugus tugas penanggulangan Covid-19 di posko Galatama Tambolaka Kabupaten SBD Propinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (8-6-20).

Adapun BUMN yang terlibat dalam pemberian bantuan APD ini adalah PT. Pagadaian, PLN, BRI, BNI, Bank Mandiri dan Air Nav.

PT. Pegadaian memberikan bantuan baju APD 20 pcs, masker N95 20 dos, handscoon No. 7 sebanyak 20 boks, sepatu bot 20 pcs, cup/helmet 20 pcs, kaca mata Google 20 pcs, aseptan 20 botol, termogan 5 pcs dan cairan disinfektan 5 jerigen.

Sedangkan BRI memberikan bantuan tempat cuci tangan dan masker, BNI memberikan bantuan towa, handsanitizer, masker dan sarung tangan, Bank Mandiri memberi bantuan uang tunai Rp2 juta, Air Nav juga memberi bantuan uang tunai Rp10 juta, dan PLN memberikan bantuan sarung tangan sintenis dan masker.

Gregorius Geroda yang ditemui awak media usai penyerahan bantuan mengatakan, pemberian bantuan tersebut sebagai partisipasi BUMN dalam penanggulangan Covid-19 secara nasional.

“Sebagai koordinator, saya mengumpulkan teman-teman untuk memberikan bantuan. Yang kami fokuskan adalah APD untuk tahap I saat ini. Tahap II akan segera menyusul karena pemesanan barang ini butuh waktu,” ungkapnya.

Gregorius berharap, dengan adanya bantuan ini betul-betul bermanfaat untuk membantu masyarakat terutama paramedis.

“Bantuan ini merupakan bukti kepedulian BUMN secara umum untuk masyarakat SBD. Kami semua sudah siap mendukung new normal. Kami juga mengimbau masyarakat SBD untuk mengikuti anjuran Pemerintah dengan selalu menggunakan masker, jaga jarak, selalu cuci tangan dan menghindari kerumunan banyak orang,” tuturnya lagi.

Sementara Bupati Kornelius Kodi Mete menyampaikan apresiasi atas adanya dukungan dari BUMN yang ada di SBD.

“Sungguh-sungguh kita mendapat tenaga baru/support baru lagi, dengan keterlibatan BUMN yang ada di SBD ini, hal-hal yang selama ini kita rasa masih melemah kita tambah kuat lagi. Kita akan dorong masyarakat supaya ekonominya bagus dan nanti akan menghidupkan juga BUMN yang ada,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kodi Mete mengingatkan masyarakat dalam tatanan new normal menjalani kehidupan yang biasa, tetapi tetap mematuhi dengan protokol kesehatan.

Disampaikan, masyarakat sudah bisa beribadah kembali di gereja, dan masjid tetapi dengan selalu menjaga jarak, memakai masker dan cuci tangan.

“Kita akan dorong semua komponen yang ada baik itu hotel, pariwisata, petani, restoaran dan lain-lain untuk patuh pada protokol kesehatan. Kita bersyukur kondisi SBD saat ini belum ada yang positif covid-19, kalaupun sampai ada hanya satu dan kita akan usahakan agar sembuh dengan penanganan kita, penanganan kesehatan dan penanganan psychology” pungkasnya. (MC. Kabupaten Sumba Barat Daya/Octa/Isto)