Bupati SBD Buka TMMD di Desa Maliti Bondo Ate

SHARE

Kodi, Tabolaka, Kominfo – Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dr. Kornelius Kodi Mete membuka kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 1629/SBD di Desa Maliti Bondo Ate, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba SBD Propinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (22/9/2020).

Kegiatan TMMD dihadiri oleh Dandim 1629/SBD Letkol Inf. Laode M. Sabaruddin, Kapolres SBD AKBP Joseph F.H. Mandagi, Camat Kodi, Camat Kodi Bangedo, Camat Kodi Utara, beberapa pimpinan OPD, Kapolsek Bangedo, Danramil, Kades Maliti Bondo Ate, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan TMMD, Bupati SBD mengatakan TMMD sangat dibutuhkan untuk percepatan pembangunan serta merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan Pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

“TNI manunggal membangun desa secara rutin dilaksanakan setiap tahun dan telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini sejalan dengan upaya kita didalam percepatan dan pemerataan” ungkap Bupati Kornelius.

Lebih lanjut Bupati SBD mengtakan dengan dengan adanya program TMMD ini sangat terasa sekali manfaatnya oleh masyarakat dengan kemanunggalan TNI, Pemerintah SBD dan masyarakat diharapkan menjadi salah satu jalan bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan ketahanan wilayah di kabupaten ini.

“Kepada masyarakat Maliti Bondo Ate yang daerahnya menjadi lokasi TMMD ini, saya berharap agar berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya selama pelaksanaan TMMD ini agar tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal sesuai dengan harapan masyarakat” ujar Bupati SBD.

Dandim 1629/SBD, Letkol Inf. Laode M. Sabaruddin dalam sambutannya mengatakan kegiatan TMMD dalam bulan ini adalah kegiatan yang ke 109 yang melibatkan 150 orang personil TNI. Dasar pelaksanaan TMMD ini adalah Surat Telegram Pangdam IX/Udayana No. ST/1304/2019 tanggal 17 Oktober 2019 dan Surat Telegram Danrem 161/Wira Sakti Nomor: ST/328/2019 tanggal 25 Juli 2019 serta pertimbangan Komando dan Staf Kodim 1629/SBD.

Kegiatan Fisik yang dilaksanakan adalah pembukaan jalan baru sepanjang 1,40km dengan lebar 6m, Rehab gereja di GKS Mananga Daha dengan ukuran 8x23m, GKS Homba Kombo ukuran 8x12m, pembuatan senderan embung air Waikataku ukuran 6x8m, dan pembuatan MCK kampung adat Ratenggaro dengan ukuran 2x3m.

Sedangkan kegiatan non fisik yaitu penyuluhan bela negara dan wasbang, penyuluhan tentang hukum dan kamtibmas, penyuluhan tentang KB dan pelayanan kesehatan, penyuluhan tentang covid-19, penyuluhan tentang bencana alam, peternakan, pertanian, penyuluhan tentang lingkungan hidup dan kehutanan, penyuluhan tentang rekrutmen prajurit TNI, pencegahan radikalisme/terorisme, pencegahan narkoba dan penyuluhan tentang pemadam kebakaran.

Sedangkan untuk masalah pendanaan dukungan dari Komando Atas sebesar Rp 483.500.000, dan dukungan dari Pemda sebesar Rp 750.000.000 (diberikan dalam bentuk barang dan material).

Pantauan media pelaksanaan pembukaan TMMD ini berjalan dengan lancar dan mendapat respon sangat baik mdari masyarakat setempat khususnya warga desa Maliti Bondo Ate. Pembukaan TMMD ini disambut dengan adat budaya Sumba oleh warga setempat. (MC. Kabupaten Sumba Barat Daya/Octa/Isto)