Bupati SBD Ikut Panen Jagung Hibrida di Desa Hameli Ate

SHARE

Hameli Ate, Kominfo – Bupati Sumba Barat Daya (SBD), dr. Kornelius Kodi Mete mengikuti Panen Perdana Jagung Hibrida Kodim 1629/SBD melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Hameli Ate Kecamatan Kodi Utara Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Sabtu (24/4/2021).

Panen Perdana Jagung Hibrida dihadiri Dandim 1629/SBD, Letkol Inf Laode M. Sabaruddin, Kapolres SBD Josep F.H Mandagi, Kadis Pertanian SBD, Rofinus D. Kaleka, Kadis Kominfo SBD, drh. Rihimeha A. Praing.

Juga dihadiri Danramil 01/Laratama Kapten Inf Samuel Gubah, Danramil 02/Kodi, Kapten Inf Tohir Yusman Putra, para Pasi Kodim 1629/SBD, Ketua Gapoktan, Agustinus Wakur Kaka, dan para Kelompok Tani Desa Hameli Ate.

Dalam sambutan Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete mengatakan patut bersyukur kita telah melaksanakan panen Perdana dan tanam jagung tahap kedua hari ini.

Dan ini merupakan kegiatan yang luar biasa yang dilakukan oleh kelompok tani yang ada di Desa Hameli Ate.

“Program ini gunanya untuk kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan di Kabupaten SBD dan memacu semangat para petani yang ada di Desa Hameli Ate untuk bekerja dan mengolah lahan pertanian dengan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati SBD mengatakan bukan hanya tanam jagung saja bagi petani tetapi dengan adanya pembangunan hotel- hotel seperti Hotel Cap Karoso, para petani menyiapkan lahan untuk ditanami sayur-sayuran supaya dari petani bisa mensuplai sayur mayur ke hotel-hotel yang ada di Kabupaten SBD.

“Ini bisa menjadi perputaran roda ekonomi bagi masyarakat sekitar dan pada umumnya bagi masyarakat di Kabupaten SBD. Sehingga dapat mewujudkan desa mandiri pangan dan mewujudkan masyarakat aman sejahtera dan tentram,” tuturnya.

Ketua Gapoktan, Agustinus Wakur Kaka dalam sambutannya mengatakan sebagai petani dirinya sangat bangga dengan pekerjaan menjadi petani yang sangat mulia  memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat dan negara.

“Petani merupakan tulang punggung bangsa dan negara dalam program ketahanan pangan yang kita laksanakan di kelompok tani yang ada di Desa Hamili Ate,” ujarnya.

Lebih lanjut Agustinus mengatakan dengan adanya kerja sama dari kodim 1629/SBD ini merupakan sebuah langkah yang sangat baik karena Kabupaten SBD mencanangkan program tanam jagung dan menjadi penghasil jagung dan menjadi desa mandiri pangan.

Dirinya menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati SBD, Kapolres dan juga Dandim 1629/SBD yang sudah meluangkan waktunya untuk menghadiri Panen Jagung hari ini.

Mewakili para kelompok tani Desa Hameli Ate, dirinya juga menyampaikan harapannya kepada Bupati SBD agar mendorong Penyuluh Pertanian Lapangan untuk bisa menciptakan petani yang  hebat dan petani mandiri. (MC. Kabupaten SBD/Isto/toeb)