Bupati SBD Panen Padi Varietas Nutri Zinc di Waikelo Sawah

SHARE

Wewewa Timur, InfoPublik – Bupati Sumba Barat Daya (SBD) Kornelius Kodi Mete dan Wakil Bupati Marthen Crhistian Taka, mengikuti panen perdana Padi Varietas Nutri Zinc di Waikelo Sawah yang diselenggarakan oleh Yayasan Kalakioma Peduli Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten SBD, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/3/2021).

Bupati SBD mengatakan sangat bangga dengan kehadiran Yayasan Kalakioma Peduli di Kabupaten SBD, dengan pengelolaan padi Varietas Nutri Zinc di Waikelo Sawah. "Ini sungguh-sungguh datang pada waktu yang tepat pada saat SBD menghadapi masalah stunting," ujar dia.

Ia juga menjelaskan, stunting mulai muncul dengan proses waktu yang semakin lama dan banyak aspek yang memengaruhinya. "Untuk mengatasi stunting dan gizi buruk sudah ada padi Varietas Nutrisi Zinc yang sungguh memastikan bisa mengatasi stunting di Kabupaten SBD dan secara umum di Pulau Sumba," ungkap dia.

Oleh sebab itu, menurut bupati, menjadi tugas bersama agar jangan ada lagi stunting baru yang muncul. "Mari kita secara bersama-sama saling mendukung untuk mengatasi masalah stunting di Kabupaten SBD,” ujar dia.

Bupati juga menyampaikan mengenai bencana alam yang terjadi di Waikelo Sawah beberapa waktu yang lalu, dan mengakibatkan saluran irigasi yang panjang terputus karena hujan besar.

"Kami menitipkan pesan kepada Ketua DPD RI yang nantinya melanjutkan perjalanan ke provinsi tolong sampaikan kepada gubernur," kata dia.

Menurut dia, Gubernur NTT beberapa waktu lalu juga pernah berkunjung ke Waikelo Sawah, pada saat itu belum terjadi bencana alam di sini. "Sempat pada waktu itu gubernur mengusulkan sesuatu yang bagus untuk Waikelo Sawah untuk dijadikan Destinasi Pariwisata," tutur dia.

Lebih lanjut bupati menjelaskan bahwa, dulu sumber listrik sudah ada di Waikelo Sawah, jaringan masih ada. Tetapi kemiskinan di Kabupaten SBD benar-benar ada. "Sebagai pemimpin wilayah kami berjuang melalui program Tujuh Jembatan Emas, yang meliputi Desa Bercahaya, Desa Berair, Desa Berkecukupan Pangan, Desa Aman Tentram, Desa Pintar, Desa Sehat, dan Desa Wisata” kata dia.

Panen Perdana Padi Varietas Nutri Zinc juga dihadiri Ketua DPD RI, A.A. La Nyalla Mahmud Mattalitti,  anggota DPD RI asal Sumba Dapil NTT Asyera Respati Wundalero, Bustami Zainuddin Anggota DPD RI Dapil Lampung, Kepala Badan Penelitian Pangan Kementan RI, Priatna Sasmita, Asisten Pemerintahan dan Kesra SBD, Christofel Horo, beberapa pimpinan OPD, Camat Wewewa Timur, Aryanto D. Loma, Kades Tema Tana, Yohanis Bulu.

Hadir pula Ketua Dekranasda SBD sekaligus mewakili Ketua Dekranasda NTT, Margareta Tatik W. Mete, Kasdim 1629/SBD, Mayor Czi Sunoko, Waka Polres SBD, Kompol Yosep Taus Tilis, Kepala Dinas Pertanian SBD Rofinus Kaleka, SP, Ketua Yayasan Kalakioma Peduli, Yulius Bobo, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

 

MC. Kabupaten SBD/Isto