Bupati SBD Resmikan Kampung Tangguh Bondo Kabala

SHARE

Wewewa, Tambolaka, Kominfo – Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Kornelius Kodi Mete meresmikan Kampung Bondo Kabala sebagai Kampung Tangguh di Desa Mata Lombu Kecamatan Wewewa Tengah Kabupaten SBD, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (25/7/2020).

Peresmian Kampung Tangguh oleh Bupati Kornelius Kodi Mete ini dihadiri oleh Wakil Bupati Marthen Christian Taka, anggota DPR RI Ratu Wulla Talu, Ketua DPRD SBD Rudolf Radu Holo, Kapolres SBD AKBP Joseph F.H. Mandagi, Dandim 1629/SBD, Letkol Inf. Laode M. Sabaruddin, para pimpinan OPD, camat Wewewa Tengah dan Kapolsek Wewewa Timur.

Kapolres SBD AKBP Joseph F.H. Mandagi, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa dan masyarakat Mata Lombu, yang selama ini bekerja keras bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa sehingga wilayah desa Mata Lombu masih aman dan kondusif serta terpilih sebagai Desa yang memiliki wisata Kampung Tangguh.

“Kampung Bondo Kabala terpilih sebagai Kampung Tangguh karena memenuhi kriteria yakni tangguh pada bidang keamanan, bidang pertanian, bidang perkebunan dan perikanan yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19," ujar dia.

Bupati SBD menjelaskan, saat ini adalah masa di mana wabah Covid-19 menyerang Indonesia khususnya Kabupaten SBD, sehingga masyarakat diminta untuk patuh pada protokol kesehatan.

Disebutkan bahwa di SBD terdapat 3 orang yang positif Covid-19, dan 1 orang dinyatakan sembuh dan telah dipulangkan ke rumahnya, sedangkan 2 orang masih di rawat di ruang isolasi RSUD Redambolo.

Bupati juga meminta kepala desa Mata Lombu untuk mendukung dan melaksanakan visi misi bupati dan wakil bupati SBD yakni 7 jembatan emas, sehingga dapat membantu dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Lebih lanjut bupati menjelaskan rencana pemerintah akan mengangkat 5 sarjana yang ada pada masing-masing desa di Kabupaten SBD yang bisa untuk membantu dan mendampingi Pemerintah Desa dalam setiap kegiatan yang ada.

Kornelius juga meminta kepada aparat desa terus bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk dapat menyelesaikan persoalan yang ada di desa.

“Di NTT masalah stunting adalah masalah yang besar sehingga Pemerintah minta peran dan dukungan masyarakat untuk terlibat aktif dalam mengatasi masalah stunting yang ada di Kabupaten SBD," tutur dia.

Dalam kegiatan peresmian Kampung Tangguh, anggota DPR RI Komisi IX Ratu Wulla Talu, juga memberikan bantuan asupan gizi berupa biskuit kepada ibu hamil dan balita yang berada di Desa Mata Lombu. (MC. Kabupaten Sumba Barat Daya/Isto)