Dinas Kominfo SBD Advokasi Program Desa Digital di Empat Desa

SHARE

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumba Barat Daya melakukan kegiatan advokasi pengembangan desa digital di empat desa Kecamatan Wewewa Barat yaitu Desa Kalembuweri, Desa Kabali Dana, Desa Kalembu Kanaika dan Desa Watu Lambar , Kamis (14/4/2022).

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Kominfo drh. Rihimeha A. Praing, MP bersama Kepala Bidang Layanan E- Government Yerli Intri M. Kenda, S.Sos dan Pejabat Fungsional Alfredo K. Ortega S.Kom bertemu langsung dengan kepala desa yang didampingi aparat desa.

Dalam pertemuan tersebut Kadis Kominfo memberikan penjelasan terkait program desa digital yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Kominfo.

Salah satu langkah awal yang dapat di ambil oleh desa dalam mendukung program desa digital adalah dengan pembuatan website resmi desa agar potensi desa dapat deketahui oleh seluruh dunia. "Dinas Kominfo berharap bapa desa ikut mendukung program desa digital, bisa dimulai dengan membuat website resmi milik desa sehingga informasi tentang segala potensi yang ada di desa dapat dilihat oleh masyarakat dunia," ujar Kadis Kominfo SBD.

Selain itu Kadis Kominfo juga menyampaikan peran penting digitalisasi melalui website desa dalam meningkatkan perekonomian di desa. "Contohnya kalau di desanya bapa biasa jual kain harga Rp. 500.000, kalau sudah masuk di website desa dan dilihat orang dinegara lain bapa bisa jual dengan harga berlipat ganda," pungkasnya.

Rihimeha menambahkan setelah mempunyai website desa, langkah selanjutnya dalam implementasi desa digital adalah memberikan pelayanan online kepada warga. "Jadi kalo website sudah jalan, informasi desa sudah termuat di website, maka selanjutnya bapa desa bisa mulai memberikan layanan online kepada warga misalnya surat keterangan online," sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, ke-empat desa yang dikunjungi oleh Dinas Kominfo mengucapakan terima kasih atas kunjungannya dan mereka berkomitmen untuk mendukung program desa digital demi kemajuan dan kesejahteraan rakya di desa.

"Kami berterima kasih kepada bapa Kadis Kominfo bersama jajaran yang sudah berkunjung ke desa kami dan memberikan penjelasan tentang program desa digital. Kalau untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di desa, kami pasti berkomimitmen untuk mendukung program ini," kata Kepala Desa Kalembu Kanaika.

Secara bertahap Dinas Kominfo akan melakukan advokasi kepada semua desa yang ada di kabupaten Sumba Barat Daya dalam rangka implementasi desa digital.