Dinas Kominfo SBD Gelar Sosialisasi Pelayanan Internet

SHARE

Tambolaka, InfoPublik - Dinas Kominfo Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Nusa Tenggara Timur menggelar sosialisasi pelayanan intenet yang berlangsung di ruang Aula SMK Bakti Luhur Weetebula Kecamatan Kota, Rabu (12/02/2020).
Kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan kemampuan para siswa dan pemahaman saat menggunakan internet secara sehat dan aman agar siswa terhindar dari pengaruh negatif internet.
Dalam sambutan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten SBD Yohanes Frin Buka mengatakan, sosialisasi artinya upaya memasyarakatkan sesuatu yang menjadi hal yang baru untuk dimengerti dan dipahami para siswa yaitu internet.
"Internet singkatan dari inter connection network melalui jaringan yang terhubung pada setiap komputer. Bila sudah ada jaringan yang terkoneksi maka apa saja yang hendak kita cari di google sangat mudah kita temui dan dapatkan," ungkap dia.
Lebih lanjut Frin Tuka menjelaskan, dengan adanya jaringan kerja kita akan lancar tanpa ada hambatan yamg menghalangi. "Tapi internet juga bisa membuat kita terjerumus dalam hal-hal negatif yang berkaitan dengan situs pornografi, ini yang menjadi salah satu tujuan Dinas Kominfo melakukan seosialisasi ini kepada siswa/siswi di sekolah," ujarnya.
Lebih jauh Frin Tuka mengatakan, internet sangat berguna di era milenial ini. Jika beberapa dekade yang lalu internet bukan menjadi barang yang berguna, di zaman sekarang tanpa internet segala sesuatu yang akan dikerjakan akan terhambat prosesnya.
"Dengan adanya internet, siswa diharapkan untuk berinternet secara sehat dan aman beretika dan bertanggung jawab kepada diri sendiri, bertanggung jawab kepada guru, orang tua dan bertanggung jawab kepada Tuhan yg maha kuasa," tutur dia.
Frin Tuka mengatakan, internet sudah dinikmati atau sudah digunakan oleh setiap pengguna, baik yang berusia anak-anak, remaja, pemuda, orang dewasa dan bahkan yang lansia pun menikmati dan menggunakan internet.
Pemakaian internet kata dia, harus dimulai dari hal-hal baik, yang aman, sehat dan bertanggung jawab serta beretika dalam menggunakan internet yang sesuai dengan kebutuhan, bukan hanya sesuai keinginan.
Dia menjelaskan, jika internet digunakan sesuai kebutuhan, itu artinya kita sehat dalam menggunakan internet. Belajar cari ilmu pengetahuan di google dan informasi atau hal-hal positif. 
"Oleh karena itu mari kita menggunakan internet secara positif, seperti belajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi yang baik dari internet melalui google, website, facebook, email dan lain sebagainya," tutup dia. (MC. Kabupaten Sumba Barat Daya/Mira)