Dinas Kominfo SBD Sosialisasi Perbup Nomor 36 Tahun 2020

SHARE

Wewewa, Infopublik – Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Propinsi Nusa Tenggara Timur mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 36 tahun 2020 di desa-desa.

Sosialisasi ini sebagai pemberitahuan tentang sanksi-sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan yaitu menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung, mulut hingga dagu.

Selain itu juga, kegiatan ini sebagai upaya Pemerintah SBD dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 di SBD. 

"Kebijakan ini diambil oleh Pemerintah SBD melihat masih rendahnya kepatuhan masyarakat dalam mengikuti anjuran protokol kesehatan."kata Kabid Layanan Komunikasi Publik (LKP) Yublina Lena Dapasapu, saat sosialisasi di Pos Yandu Wanno Baru Desa Laga Lete Kecamatan Wewewa Barat, Selasa (10/11/2020).

Ia menambahkan, pada bulan November ini Pemda SBD sudah memberlakukan kembali proses belajar mengajar sebagaimana biasanya, untuk mendongkrak ketertinggalan dalam dunia pendidikan sebagai akibat dari wabah Covid-19 beberapa bulan terakhir. 

Menurut Yublina, selain masalah stunting dan malaria yang dihadapi SBD saat ini, Covid-19 merupakan masalah baru yang perlu mendapat perhatian dari semua masyarakat SBD.

“Sosialisasi Perbup nomor 36 Tahun 2020 pada masyarakat di desa-desa untuk memastikan pola hidup bersih dan sehat diberlakukan diseluruh SBD. Kebijakan Pemerintah yang mengeluarkan kelonggaran untuk masuk sekolah di bulan November ini, perlu menjadi perhatian bersama agar protokol kesehatan diperhatikan” tuturnya lagi.

Dirinya juga berharap peran ibu-ibu kader posyandu untuk menyampaikan informasi ini kepada anak-anak, keluarga dan tetangga demi mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kabid TIK Dinas Kominfo SBD Aurelius R.E. Nganggo agar Pemerintah bersama masyarakat secara bersinergi menjalankan himbauan protokol kesehatan dalam era tatanan hidup baru saat ini.

Edy Nganggo juga menjelaskan sanksi-sanski dalam Perbup nonom 36 tahun 2020 bagi pelanggar protokol kesehatan yang tidak menggunakan masker saat bepergian di tempat umum atau keramaian.

“Sanksi bagi masyarakat yang tidak mempunyai masker adalah denda Rp 200.000. Sanksi bagi yang membawa masker tetapi tidak menggunakan denda sebesar Rp 50.000. Jika tidak membayar denda maka diganti dengan sanksi lainnya yaitu push up, menyanyi atau membaca pernyataan protokol kesehatan atau membersihkan kebun yang sudah ditentukan selama 2 hari” ujar Edy.

Dirinya juga menjelaskan, kita dituntut untuk disiplin dalam upaya mengatasi wabah Covid-19 yang melanda di Indonesia. Penyebaran virus ini sangat cepat sekali, sehingga perlu dicegah secara bersama-sama.

Dipantau oleh media ini rombongan Dinas Kominfo yang berjumlah 7 orang usai melakukan sosialisasi dan edukasi Perbup nomor 36 di Desa Laga Lete dilanjutkan di SDM Tenggaba Wewewa Tengah dan PAUD Kyrie Eleison (Ujung Padang) Desa Kalembu Ndaramane Kecamatan Wewewa Timur.

Kegiatan berjalan hingga sore hari, hujan deras yang mengguyur Wewewa tidak menjadi kendala bagi tim dari Dinas Kominfo SBD untuk terus melakukan kegiatan sosialisasi. (MC Kabupaten Sumba Barat Daya/Octa/Isto)