Kapolres Gandeng Dandim 1629 Dan Satpol PP SBD Amankan Ibadah Natal

SHARE

Tambolaka, InfoPublik – Kapolres Sumba Barat Daya AKBP Joseph F. H. Mandagi, SH bersama Dandim 1629/SBD Letkol Inf Laode M. Sabaruddin, bersepakat bersama Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk amankan pelaksanaan ibadah malam Natal 24 Desember 2020 malam dan ibadah Natal 25 Desember 2020 pagi.

Komitmen ini disampaikan oelh kedua pucuk pimpinan TNI-Polri di SBD usai apel gabungan bersama seluruh personel di Waitabula Mapolres SBD Propinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (24/12/2020). Apel gabungan ini dipimpin langsung oleh Kapores dan Dandim 1629/SBD.

Kapolres SBD AKBP Joseph Mandagi kepada media mengatakan pihaknya bersama Kodim 1629/SBD, Satpol PP dan Dinas Perhubungan akan melakukan pengamanan ibadah malam Natal dan ibadah Natal di seluruh gereja di Kecamatan Kota Tambolaka.

“Karena untuk ibadah malam Natal dan ibadah Natal 24 Desember pagi 25 Desember di seluruh Wewewa sudah ada edaran dari Keuskupan dan Sinode GKS untuk tidak melaksanakan ibadah. Umat dan jemaat diimbau untuk melaksanakan ibadah di rumahnya masing-masing,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolres SBD menjelaskan ibadah dan misa pertama dimulai pukul 17.00 dan ibadah yang kedua pukul 20.00 wita.

Pihaknya akan mengamankan pelaksanaan ibadah dan misa tersebut khusus untuk mengamankan orang, barang dan tempat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami menghimbau agar masyarakat SBD dalam melaksanakan ibadah Natal untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan bersama. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk patuh pada protokol kesehatan” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dandim 1629/SBD Letkol Inf. Laode M. Sabaruddin agar masyarakat patuh pada protokol kesehatan mengingat pasien Covid-19 di SBD pada bulan Desember ini mengalami peningkatan yang cukup drastis.

“Tentunya kegiatan bersama ini untuk memberikan rasa nyaman, rasa damai  bagi umat Kristiani yang merayakan Natal di SBD. Sinergisitas TNI-Polri selalu mendukung pelaksanaan apa saja termasuk perayaan Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Lebih lanjut Dandim 1629/SBD menjelaskan sinergisitas ini juga melibatkan Pol PP, Perhubungan dan Media yang ada di Kabupaten SBD, sehingga bisa meringankan tugas dan pekerjaan bersama untuk mengamankan pelaksanaan ibadah Natal.

Terutama dalam kegiatan penekanan protokol kesehatan, kita ketahui bahwa situasi SBD ini semakin tinggi pasien yang terpapar Covid-19.

"Sehingga selain masalah keamanan dan kenyamanan, protokol kesehatan harus kita terapkan juga, dan ini wajib dilaksanakan,” ujarnya menambahkan.

Letkol Laode juga mengimbau agar mayarakat tetap memprioritaskan protokol kesehatan dalam kegiatan apa pun.

Mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bukan hanya tugas tim kesehatan tetapi merupakan tugas kita bersama sebagai masyarakat Kabupaten SBD.

“Sebagai warga negara yang baik khususnya di SBD ini, kita harus bersama-sama mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19” tuturnya.

Hingga pukul 15,00 wita personil pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru di SBD sudah mulai melakukan patroli serta melakukan koordinasi dengan Pendeta dan Pastor yang akan memimpin ibadah.

Diperkirakan jumlah personil yang dilibatkan untuk pengamanan malam Natal di Tambolaka berjumlah 350 personil. (MC. Kabupaten Sumba Barat Daya/Octa/Isto/toeb)