Kodim 1629/SBD Gelar Sosialisasi Program KB Kesehatan

SHARE

Tambolaka, Kominfo – Kodim 1629 Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Program Keluarga Berencana (KB) Kesehatan Semester I Tahun Anggaran 2021 di Puskesmas Watukawula Desa Watukawula, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Kamis (24/6/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Dandim 1629/SBD, Letkol Inf Laode Muhammad Sabaruddin, Kasdim 1629/ SBD Mayor Czi Sunoko, Danramil 1629-01/Laratama Kapten Inf Samuel N. Guba, Danramil 1629-02/Kodi Kapten Inf Tohir Yuswan Putra, Pjs. Pasiter Letda Inf J. Andarias T, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes SBD Debora Tanggu Ndedo, Kepala Puskesmas Watukawula, Paulina Lelo, SKM, Dokter dan para tenaga medis dari Puskesmas Watukawula, dan masyarakat yang melaksanakan KB kesehatan.

Dalam sambutannya Dandim1629/SBD, Letkol Inf Laode M. Sabaruddin mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk mengimbau masyarakat agar saat pandemi COVID-19 selalu mematuhi imbauan pemerintah, untuk memakai masker, cuci tangan, jaga jarak sekaligus untuk menunda kehamilan dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini.

Kegiatan yang diselenggarakan ini adalah wujud kepedulian TNI untuk mencapai sasaran percepatan revitalisasi program KB kesehatan dengan tema “TNI AD Bersama Rakyat Wujudkan Keluarga Sehat Untuk Indonesia Kuat” secara maksimal, terutama dalam lingkup wilayah Kodim 1629/SBD.

“Program KB Kesehatan ini bertujuan untuk membantu mengendalikan laju pertumbuhan penduduk yang seimbang, serta mengatur waktu kehamilan dan menekan angka kematian ibu dan bayi," ujarnya.

Dandim juga menuturkan bahwa, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk memberikan pemahaman agar pasangan suami istri dapat merencanakan program kehamilan untuk mempunyai anak dengan jumlah dan berapa jarak antara satu anak dengan kehamilan anak berikutnya.

Dis melanjutkan, dengan demikian maka bagi pasangan suami istri atau pasangan pengantin baru sangat penting untuk mempertimbangkan kehamilan saat pandemi COVID-19. Karena berbagai aspek pertimbangan terutama menyangkut kesehatan dan keselamatan.

”Melalui program ini bisa mewujudkan sinergi antara TNI, Pemerintah dan BKKBN dalam usaha meningkatkan kualitas kesehatan guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Teritorial Kodim 1629/SBD," tutur dia.

Dia juga berharap dalam kegiatan ini, para peserta agar mengikuti dengan penuh semangat dan rasa tanggung jawab, sehingga akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan sebagai bekal dalam menghadapi kehidupan lebih baik untuk masa depan. (MC. Kabupaten SBD/Isto)