KOMINFO AKAN PERLUAS JARINGAN INTERNET KE DESA

SHARE

Tambolaka-Diskominfo………. Jaringan internet sudah merupakan kebutuhan manusia pada jaman sekarang ini.  Kebutuhan akan internet  semakin terasa  sangat penting  saat ini dengan adanya wabah covid-19 yang sedang melanda dunia bahkan Indonesia saat ini. Komunikasi-komunikasi antar lembaga, antar pulau bahkan antar Negara dilakukan dengan Video Conference (Vicon) yang membutuhkan fasilitas jaringan internet.   


Melihat begitu pentingnya kebutuhan akan internet pada saat ini, pada Rabu (3/6/20) Dirjen Bakti Kementrian Kominfo menyelenggarakan Vicon  dengan Dinas Kominfo Kabupaten se-NTT. Tampak hadir Plt Kadis Kominfo SBD, Yohanes Frin Tuka beserta kabid-kabidnya dan staf mengikuti Vicon dengan seksama.

Agenda penting dalam Vicon kali ini adalah bagaimana setiap  Dinas Kominfo di tiap-tiap  kabupaten mengusulkan  untuk pemasangan internet di setiap kantor Kecamatan, Puskesmas, Sekolah-sekolah, Kantor Desa yang sudah mempunyai jaringan listrik. Diharapkan dari setiap Kabupaten dapat mengusulkan 75-100 lembaga untuk  pemasangan jaringan internet.
Plt. Kadis Kominfo SBD Yohanes Frin Tuka yang ditemui media disela-sela kegiatan vicon mengatakan kegiatan ini diselenggarakan oleh Dirjen Bakti Kementrian Kominfo RI.  Dirjen ini yang  memfasilitasi bantuan Pemerintah Pusat  melalui Kominfo yang berkaitan dengan sarana prasarana jaringan internet yang ada di RI.
“Kalau yang lalu pendekatannya top down, sedangkan sekarang menggunakan  bottom up. Semua usulan itu dari bawah, tetapi dengan melihat prioritas-prioritas  yang ada. Kita di SBD,  kemarin kita mendapatkan hasil rakor itu 7 Base Transceiver Station (BTS)” ungkapnya.

Lebih lanjut  Frin Tuka menjelaskan dengan menggunakan BTS  scope jaringan internetnya luas, tetapi karena adanya wabah covdi-19 saat ini, belum bisa direaslisasikan. Selain itu  melalui vicon saat ini juga untuk mempertegas lagi bantuan-bantuan yang akan kita terima dan usulan-usulan baru yang direvisi,  karena yang lama sudah tidak sesuai lagi agar menjadi tepat sasaran, tepat lokasi sehingga masyarakat yang selama ini belum terjangkau jaringan internetnya dapat terjangkau.
“Pemasangan jaringan internet ini harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan dari pada wilayah atau daerah yang bersangkutan” ujar Plt. Kadis Kominfo SBD menutupi bincang-bincangnya dengan media.(MC. Kabupaten Sumba Barat Daya/Octa/Isto)