Pemda SBD Gelar Upacara Peringati Hari Pahlawan

SHARE

Kadula, Kominfo – Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) menyelenggarakan upacara memperingati hari Pahlawan di halaman kantor Bupati SBD Propinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (10/11/2020).

Upacara memperingati hari Pahlawan untuk mengenang jasa para Pahlawan yang telah berjuang merintis kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Inspektur upacara Bupati SBD dr. Kornelius Kodi Mete dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap tanggal 10 November Bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan sebagai bentuk kasih sayang kita untuk mengenang jasa para Pahlawan kita yang telah merintis kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Para Pahlawan kita mempertaruhkan jiwa dan raga, menyatukan pemikiran, tindakan dan gerakan dalam memperjuangkan nasib Bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan.

"Sehingga kita semua menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain dan bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan terwujudnya Indonesia merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, peringatan hari Pahlawan 10 November tahun 2020 mengangkat tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

Untuk itu, Kabupaten SBD merupakan bagian integral dari negeri ini. Sehingga sudah sepatutnya kita melanjutkan perjuangan dan cita-cita para Pahlawan dengan menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama.

Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dunia, yaitu peristiwa pertempuran 10 November 1945 di kota Surabaya.

Dan merupakan sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai Suku, Agama, Ras, Budaya dan golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa dan raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Kiranya nilai-nilai pengorbanan dan keberanian dari para Pahlawan dapat kita jadikan spirit dan tekad bersama sebagai motivasi serta penggerak utama dalam mewujudkan visi Kabupaten SBD yaitu terwujudnya masyarakat SBD yang maju, berkualitas, berdaya saing, demokratis dan sejahtera,” ujarnya menambahkan.

Bupati juga menjelaskan bahwa dalam kerangka mewujudnya visi tersebut, telah dirumuskan dalam arah kebijakan dan program pembangunan daerah sebagai upaya nyata untuk mempercepat pencapaian kesejahteraan masyarakat.

"Yang dikemas dalam program tujuh jembatan emas, yakni Desa Bercahaya, Desa Berair, Desa Berkecukupan Pangan, Desa Cerdas, Desa Aman dan Tentram, Desa Sehat dan Desa Wisata," katanya.

Oleh karena itu kita harus bergandeng tangan, bahu membahu melakukan perubahan secara akseleratif bersama pemerintah, swasta dan seluruh elemen masyarakat.

Sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama dapat mengantarkan masyarakat SBD pada negeri “Loda Wee Maringi Pada Wee Malala” (Slogan SBD).

Mengakhiri sambutannya, Bupati SBD mengajak seluruh peserta upacara agar berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi daerah dan negeri ini.

Serta mari membangun komitmen bersama menjaga lingkungan hidup untuk kelangsungan hidup generasi melalui gerakan SBD hijau.

Selain memperingati hari Pahlawan 10 November, juga bertepatan dengan hari Lingkungan Hidup sedunia. (MC. Kabupaten Sumba Barat Daya/Isto/toeb)