Pemkab SBD Gelar Upacara Peringatan HUT ke-75 RI dengan Terapkan Prokes

SHARE

Tambolaka, Kominfo – Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya akan menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI pada Senin 17 Agustus 2020 dengan menerapkan Protokol Kesehatan.

Menurut Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Kabupaten Sumba Barat Daya Aurelius R.E. Nganggo, Upacara Peringatan HUT ke75 RI ini akan dipusatkan di stadion Galatama desa Radamata Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Pelaksanaan upacara HUT ke-75 RI nanti harus memenuhi anjuran protokol kesehatan,"kata Aurelius saat melakukan pertemuan awak media, di ruang Media Center Dinas Kominfo Kabupaten SBD Propinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (13/8/2020)

Aurelius mengungkapkan agenda rangkaian kegiatan pelaksanaan upacara HUT ke-75 RI, yaitu  pada Jumat 14 Agustus 2020 dilakukan Gladi bersih di Lapangan Galatama pukul 8.00 Wita, Senin 17 Agustus 2020 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 pukul 07.00 Wita, dilanjutkan dengan upacara virtual pukul 10.00 Wita dan upacara penurunan bendera pukul 16.00 Wita.

Dalam pertemuan tersebut Aurelius minta agar peliputan pada upacara HUT ke-75 RI lebih dirapikan sehingga tidak mengganggu jalannya acara perayaan upacara HUT RI ke-75 dengan mematuhi anjuran protokol kesehatan.

“Rekan-rekan media, permintaan Bupati SBD, agar peliputan nanti saat upacara agak rapi dan tidak ada pengambilan foto/gambar oleh wartawan, protokol dan intel yang mondar-mandir” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Kepala Seksi Infrastruktur Teknologi Nano Eko Priyono, ST menekankan pelaksanaan Upacara HUT ke-75 RI mengacu pada penerapan adaptasi kebiasaan baru guna pemenuhan ekonomi masyarakat dimasa pandemi Covid-19.

“Masyarakat diperbolehkan untuk beraktifitas guna memenuhi kebutuhan hidup ekonomi dalam kehidupan sehari-hari dengan mematuhi anjuran protokol kesehatan berkaitan dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru dengan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak” tuturnya.

Dalam dalam pertemuan itu, juga dibahas masalah kesiapan teknis dalam pelaksanaan upacara HUT RI ke-75 yang akan berlangsung pada Senin 17 Agustus 2020 mendatang.

Seperti kendala teknis yang dihadapi oleh masing-masing media adalah masalah kamera, titik pengambilan gambar oleh wartawan media baik dari media lokal maupun media InfoPublik yang ada di Dinas Kominfo SBD dan pengaturan Humas Protokol, Walpri dan intel TNI/Polri yang turut meliput. Disepakati bersama pelaksanaan peliputan nanti akan diatur oleh Dinas Kominfo SBD bersama Humas Protokol SBD.

Pertemuan ini selain dihadiri Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Aurelius R.E. Nganggo, juga hadir Kepala Bidang Layanan Komunikasi Publik ibu Yublina L. Dapasapu dan Kepala Seksi Infrastruktur Teknologi Nano Eko Priyono, Media Pasola Post, Media InfoPublik dan Suara Jarmas.(MC. Kabupaten Sumba Barat Daya/Octa/Isto)