Rayakan Idul Adha Berlangsung sesuai Anjuran Protokol Kesehatan

SHARE

Tambolaka, InfoPublik - Perayaan Hari Raya Iduladha di Masjid Babusallam Pero Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada hari ketiga Minggu, 2 Agustus 2020 berjalan penuh makna dan ibadahnya dengan menaati anjuran protokol kesehatan.

“Alhamdulilah peyaaan Idul Adha berjalan dengan baik, walau kita menjalankan ibadahnya dengan menaati protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, umat tetap khusyuk dalam menjalankan ibadahnya,” tutur ustadz Hasbulloh saat ditemui media di Masjid Babusallam, Minggu (2/8/2020) sore. 

Ustadz Hasbulloh menjelaskan, sekalipun perayaan Idul Adha di tahun 2020 ini  di tengah pandemi Covid-19, tetapi maknanya tetap sama dan tidak berkurang.
Dirinya menilai, umat muslim menjalankan Iduladha ini dengan penuh penghayatan, serta menjaga silaturahmi baik sesama kaum muslim maupun non muslim.

“pada perayaan Iduladha tahun 2020 ini, jumlah hewan qurban ada 22 ekor, yang terdiri atas 5 ekor sapi 17 ekor kambing,” jelas ustadz Hasbulloh mawakili ketua Takmir Iduladha Masjid Babusallam Pero.

Hal senada juga disampaikan oleh personil Koramil 02/1629 SBD, Serka Arsyad yang turut merayakan hari raya Iduladha dan mengamankan pelaksanaan salat Iduladha di Masjid Babusallam Pero.

“Perayaannya tidak terganggu walaupun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dengan adanya wabah virus corona yang melanda dunia saat ini,” ujarnya.

Serka Arsyad menjelaskan, pelaksanaan pemotongan hewan qurban hingga pembagian daging qurban berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

Dirinya juga berharap agar umat Islam di Pero dan masyarakat Kodi pada umumnya tetap mematuhi anjuran pemerintah dan anjuran protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak.

“Kami harap supaya umat juga menaati protokol kesehatan agar kita dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dalam menjalankan aktifitas sehari-hari dalam penerapan new normal saat ini,” tuturnya. (MC. Kabupaten Sumba Barat Daya/Octa/Isto)