SBD Targetkan Mandiri Bibit dan Pupuk di Bidang Pertanian

SHARE

Tambolaka, Kominfo – Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), dr. Kornelius Kodi Mete menargetkan, ke depan SBD harus sudah mandiri bibit dan pupuk untuk bidang pertanian dan perkebunan.

"Kita akan berusaha supaya mandiri bibit, dan tahun-tahun mendatang kita harus lakukan dengan pendekatan kelompok tani yang ada,  harus kita dampingi betul," ucap Bupati Kornelius saat ditemui media usai membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tingkat Kabupaten tahun 2021 di aula SMA Alfonsus Kelurahan Langga Lero, Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Rabu (21/4/2021).

Bupati SBD menjelaskan, Pemkab akan berusaha untuk mandiri bibit, dan caranya dengan mendampingi, memberdayakan dan memperkuat kelompok tani yang ada.

“Kaitan dengan pupuk juga demikian, supaya petani jangan dihadapkan dengan permasalahan itu.  Di samping kita  lihat bantuan dari pusat, alat olah lahan dan alat panen dapat kita support. Sedangkan bibit dan pupuk kita harus mandiri ke depan,” ujarnya.

Ketika ditanyakan usulan dalam Musrenbang bahwa saat ini sudah harus menerapkan aplikasi Program Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), sedangkan di tingkat desa dan kelurahan masih menjadi kendala yang dihadapi, Bupati Kornelius mengatakan, agar dari OPD yang terkait bisa menyiapkan pendamping supaya perencanaan pemerintah daerah SBD mengikuti alur-alur yang normatif yang ada sekarang dan  dilakukan.

"Dan pelan-pelan lewat  pendampingan-pendampingan LSM dan kehadiran sarjana pelopor akan turut membantu memberi edukasi pada aparat pemerintah desa dalam menggunakan aplikasi SIPD, dan tentu dengan melihat kehadiran dan potensi mereka akan sama-sama kita jalani, maka bisalah,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga dirinya mengimbau semua peserta  Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Tahun 2021 untuk bekerja sama dan bergotong royong bersama-sama supaya dapat mengurangi tingkat kemiskinan  dan meningkatkan kesejahteraan  di SBD. MC. Kabupaten SBD/Octa