Sinergitas Pemda SBD dan TNI/Polri Berikan Vaksin COVID-19 bagi Masyarakat

SHARE

Tambolaka, InfoPublik – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dan TNI-Polri memberikan vaksin COVID-19 bagi masyarakat umum,  di Puskesmas Watu Kawula Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Selasa (15/6/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1629/SBD, Letkol Inf. Laode M. Sabaruddin, Kapolres SBD, AKBP Joseph F.H Mandagi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten SBD, drg. Yulianus Kaleka, Kepala puskesmas watukawula, Pasi Pers Kodim 1629/SBD dan Pasi Ops Kodim 1629/SBD.

Masyarakat yang divaksin secara masal berjumlah 55 orang. Jumlah masyarakat yang disuntikkan vaksin Astra Ganeca 21 orang dari total 26 orang dan 5 orang tidak divaksin karena ada yang sesak napas, sakit jantung, benjolan di leher, dan tensi tinggi.

Sedangkan masyarakat yang disuntikkan vaksin Sinovak berjumlah 28 orang dari total 29 orang dan 1 orang tidak dilayani oleh petugas vaksin karena sementara mengandung atau sedang hamil.

Jadi total masyarakat yang mendapat vaksin Astra Ganeca dan vaksin Sinovak berjumlah 49 orang. Sedangkan yang 6 orang tidak dilayani oleh petugas vaksin dikarenakan ada gangguan kesehatan.

Adapun urutan kegiatan pelayanan penyuntikan vaksin, pertama masyarakat mendaftarkan diri pada petugas. Kedua masyarakat yang sudah mendaftar akan discreening. Apabila orang yang sudah discreening tidak ada keluhan atau riwayat penyakit lain, maka orang tersebut berhak mendapat vaksin.

Selesai penyuntikan vaksin, orang tersebut akan dikasih waktu istirahat selama 30 menit dan apabila btidak ada keluhan atau gejala maka orang yang sudah selesai disuntikkan vaksin bisa pulang. (MC. Kabupaten SBD/Isto)