TNI/Polri Gandeng Pemda SBD Siaga Jelang Kedatangan Presiden RI

SHARE

Tambolaka, Kominfo – TNI dan Polri bersama Pemda Sumba Barat Daya (SBD) bersiaga menjelang kunjungan Presiden H. Joko Widodo ke Kabupaten Sumba Tengah Selasa (16/2/2021), persiapan dan pengamanan terus diperketat oleh jajaran TNI/Polri.

Pada Minggu (14/2/2021) Kodim 1629/SBD, Polres SBD, Yon A Brimob SBD dan Danpos AU SBD gelar apel bersama pengamanan dan sterilisasi Kabupaten SBD sebagai kabupaten persinggahan rombongan Presiden RI Joko Widodo.

Presiden RI Joko Widodo akan mendarat di Bandar Udara Tambolaka pada Selasa pagi kemudian dilanjutkan menuju Kabupaten Sumba Tengah untuk meninjau pelaksanaan food estate tanaman padi di Desa Makatakeri, Kecamatan Katikutana dan lahan food estate tanaman jagung di Desa Tanah Modu, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, NTT.

Dandim 1629/SBD Letkol Inf. Laode Muhamad Sabaruddin yang ditemui media usai pelaksanaan apel bersama mengatakan kegiatan langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan menyiapkan rute dan pengamanan terhadap bandara udara Tambolaka. Peninjauan, persiapan sudah dilakukan sejak 2 hari yang lalu.

Laode menjelaskan pengerahan personil dimaksimalkan baik dari pihak Kepolisian, Pemerintah dan Kodim 1629/SBD. Pada Minggu siang ini akan ada penambahan personil.

“Kesiapan kita kurang lebih 200 dari Polres SBD, 15 dari Brimob Yon A SBD dan dari Kodim 108 personil (Angkatan Udara 2 orang), Satgas COVID-19/SBD, dan dinas-dinas terkait lainnya kita fungsikan,” ujar Letkol Laode.

Selain masalah keamanan dan ketertiban yang dilakukan, masalah kebersihan juga menjadi fokus pelaksanaan tugas bersama TNI/Polri dan Pemerintah Daerah SBD serta penerapan protokol kesehatan.

Masyarakat diimbau pada hari Selasa di saat Bapak Presiden datang, semua diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yaitu wajib memakai masker dan selalu menjaga jarak.

“Bagi masyarakat yang mempunyai hewan ternak sepanjang rute pergeseran dari Bandara ke Sumba Tengah, tolong diikat jangan dilepas dan jangan diikat di pinggir jalan,” imbau Dandim 1629/SBD.

Dirinya juga menegaskan sudah koordinasi dengan Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah untuk mengamankan dan menyesuaikan dengan wilayah masing-masing.

Sementara itu Kapolres SBD, AKBP Joseph Mandagi, S.IK, kepada media mengatakan pihaknya sudah menyiapkan personil secara maksimal untuk mendukung kegiatan pengamanan Presiden RI, dan pihaknya akan fokus mendukung Kodim 1629/SBD dari bandara Tambolaka sampai ke perbatasan wilayah Kabupaten Sumba Barat.

Begitu juga dengan kembalinya Presiden bersama rombongan dari Sumba Tengah melewati Sumba Barat menuju Bandar Udara Tambolaka.

"Masyarakat kita imbau untuk mematuhi anjuran protokol kesehatan yang ada, 3M diterapkan” tuturnya. (MC. Kabupaten Sumba Barat Daya/Octa/Isto)