Umat Muslim Gelar MTQ ke-Vl di Masjid Agung Al Falah SBD

SHARE

Tambolaka, Kominfo – Umat Muslim Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) selenggarakan Musabaqah Tilwatil Qur’an (MTQ) ke-VI di Masjid Agung Al Falah Waitabula Kelurahan Langga Lero, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten SBD, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (7/8/2020).

Kegiatan MTQ dibuka oleh Wakil Bupati SBD Marthen Christian Taka dan dihadiri oleh Ketua DPRD SBD Rudolf Radu Holo, Wakil Ketua I DPRD, H. Syamsi P. Golo, perwakilan Kodim 1629/SBD Lettu A. Mukib, Danramil 01/1629 Larataama Kapten Inf. Samuel Nune Guba, Ketua LPTQ SBD, Tokoh agama dan takmir masjid serta imam masjid se-SBD.

MTQ tahun 2020 mengambil Thema “Semangat MTQ Membangun Generasi Qurani Menuju Indonesia yang Lebih Berkualitas”. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai keimanan masyarakat umat muslim yang ada di Kabupaten SBD, meningkatkan tali silahturahmi antar umat beragama yang ada di SBD, mendidik anak-anak muda umat muslim untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa serta senantiasa mensyukuri nilai-nilai kehidupan.

Dalam sambutan, Wakil Bupati SBD Marthen Christian Taka mengatakan MTQ memiliki daya tarik tersendiri buat masyarakat umat muslim di SBD dan mampu menciptakan nuansa religius umat muslim di SBD.

“MTQ menjadi tumpuan umat muslim dalam membangun generasi muda yang berahlak, mendidik anak-anak dalam memahami isi Al Qur’an,” katanya.

Chris Taka juga menuturkan bahwa Pemerintah SBD menyambut baik atas terlaksananya kegiatan MTQ ini.

Dirinya berharap penyelenggaraan MTQ yang ke-VI ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan rasa persaudaraan.

Ahmad Effendi bin Nemen, ketua Lembaga Pembinaan Tilwatil Qur’an (LPTQ) dalam sambutannya menjelaskan MTQ diadakan 2 kali dalam setahun.

Dirinya menjelaskan, karena adanya wabah Covid-19, maka pelaksanaan MTQ tingkat daerah diselenggarakan sampai dengan bulan September 2020 ini.

“Terima kasih pada Pemda SBD yang sudah mendukung kegiatan MTQ ke-VI ini, kiranya Allah Subhanahu wa Ta’ala memberi berkat dan hidayah apa yang menjadi program kerja utama bapak Bupati dan bapak Wakil Bupati dalam mewujudkan 7 Jembatan Emas,” ujarnya.

Wakil Ketua MUI SBD H. Syamsi Pua Golo, dalam sambutannya menegaskan, dalam suasana new normal, kita tetap mengutamakan protocol kesehatan dalam pelaksanaan MTQ saat ini.

Dirinya mengucapkan terimakasih kepada LPTQ sebagai panitia pelaksanaan kegiatan, walaupun dengan waktu yang singkat namun tetap siap dan menyelenggarakan MTQ.
“Dengan MTQ ini kita mengajak anak cucu kita untuk senantiasa membaca Al Qur’an yang merupakan penuntun pedoman hidup kita,” ujarnya.

H. Syamsi yang juga adalah wakil Ketua I DPRD SBD ini menuturkan kegiatan ini bertujuan menunjang kesiapan Kabupaten SBD untuk menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi. (MC. Kabupaten Sumba Barat Daya/Octa/Isto)