Wakil Bupati




PROFIL WAKIL BUPATI

SUMBA BARAT DAYA TAHUN 2015

 

 Sejak dilantik sebagai Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya periode 2014 – 2019, Drs. Ndara Tanggu Kaha bersama  Bupati, Markus Dairo Talu, SH, terus bergiat membangun.  Pria asal Kodi Balaghar yang lahir di Karuni pada 05 Februari 1953 adalah sosok sederhana dan bersahaja. Lahir dari pasangan orang tua,  Ayah Alm Pendeta J.R. Kaha dan Ibu Almh Maria Kaha. Masa kecil yang lebih banyak dilewatkan dikampung telah membawanya tumbuh dan besar dalam kasih sayang kedua orang tua, namun tidak berarti beliau dimanja oleh orang tua.

 

Menempuh pendidikan SD di SDM Waiha, Kodi Belaghar dan tamat pada tahun 1967.  Kebersamaan dan kenyamanan didekat orang tua harus dilepaskannya ketika harus melanjutkan pendidikan ke SMP Kristen Waikabubak pada tahun 1967-1969 dan melanjutkan ke SMEA Kristen Waikabubak tahun 1970-1972. Pendidikan sarjananya ditempuh di Fakultas Ekonomi, Universitas Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah  tahun 1974-1980. Satu hal yang tidak dilupakannya ketika kuliah adalah sebuah mata kuliah Ekonomi Makro membuatnya berhadapan dengan seorang Ibu Dosen yang cukup menyulitkannya.

 

Setelah menamatkan sarjananya di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, beliau meniti karier di tanah rantau, tepatnya di Ibu kota Negara, Jakarta. Sukses ditanah rantau, tidak lantas membuatnya melupakan kerinduan pengabdian di kampung halaman. Beberapa perusahaan besar telah beliau jajal untuk semakin banyak belajar dan menimba ilmu. Ketekunan membuahkan hasil berkat kedisiplinan, ketelitian dan terutama jaringan kerja yang luas hingga hampir ke setiap pulau di Indonesia bahkan ke luar negeri. Baginya kemandirian akan membuat lebih percaya diri untuk menantang kehidupan dan lebih tekun belajar juga kerja keras.

 

Beliau anak ke - 3 (tiga) dari 4 (empat) bersaudara yakitu Samuel Kaha, Debora Kaha dan Ester Kaha. Dikenal begitu dekat dengan keluarga dan sangat kebapakan. Beberapa orang keponakannya dikuliahkan sampai selesai selama beliau berada di Jakarta. Demikian juga bagi sebagian besar orang-orang Sumba, khususnya dari Sumba Barat Daya mengenal beliau dengan baik karena waktu luang/libur sering dihabiskan dikediaman beliau.

 

Karier beliau di Jakarta yang terus menanjak, tidak  berarti bebas hambatan. Berbagai pergumulan dalam pekerjaan tidaklah kecil, terutama menghadapi rekan kerja yang selalu merasa lebih dari orang lain menjadi tantangan tersendiri bagi beliau. Dengan tetap bersungguh-sungguh, beliau mampu melewatinya. Drs. Ndara Tanggu Kaha percaya betul bahwa tidak ada jalan buntu dalam hidup. Kekuatan dari motto hidupnya ini membawa beliau menjadi salah satu putra SBD yang sukses di Jakarta.

 

Pada masa perjuangan pemekaran Kabupaten Sumba Barat Daya, beliau telah mengambil bagian sebagai salah seorang dari tim penggagas yang berada di Jakarta. Segala kemampuan beliau kerahkan untuk mendampingi atau membantu tim penggagas  dari daerah. Usaha bersama yang membuahkan hasil dengan dimekarkannya Kabupaten Sumba Barat Daya dari Kabupaten Sumba Barat pad tahun 2007. Hal inilah juga yang kemudian memotivasi beliau untuk kembali ke Sumba membangun bersama masyarakat secara langsung. Ikut dalam pertarungan politik dan menjadi calon Wakil Bupati pada Pilkada SBD tahun 2013. Perjuangan panjang yang membawa beliau kini duduk sebagai Wakil Bupati di tanah yang dikenal dengan keindahan alam, keunikan budaya serta ethos kerja masyarakat yang luar biasa ini terus bertekad untuk membawa SBD menuju sejahtra.

 

Menikah dengan Ny. Maria Elly Kaha yang berasal dari Ende, beliau di karuniai 3 (tiga) orang putra putri yakni dr. Maria Hyronima B.Kaha, Fransisco Johanis H. Kaha (alm) dan  Leonardo Ichlasio Kaha. Kegemaran beliau adalah olahraga jalan cepat, tidak heran jika melihat beliau begitu gesit dan cekatan di usia yang tidak muda lagi. Dirumah, waktu senggang dilewatkan selain bersama keluarga juga menonton olahraga kegemarannya, sepakbola dan tinju. “Jangan pernah malu untuk bertanya”, selalu menjadi pesan beliau dalam setiap kesempatan untuk memotivasi dalam bekerja. 

 

 

 

 

 

 

 

 


Selengkapnya



  •      PERINGATAN BULAN BAKTI GOTONG ROYONG (BB-GR) KE-13, DAN HARI KESATUAN GERAK PKK (HKG-PKK) KE-44, SERTA  HARI KELUARGA NASIONAL (HKN) KE-23  DI KABUPATEN SUMBA BARAT ... Selengkapnya (6574 komentar)
  •     Kamis, 09 Januari 2016 Bupati Markus Dairo Talu, SH, melanjutkan pelantikan Kepala Desa dan Penjabat Kepala Desa dari Kecamatan Kodi Bangedo ke Kodi Utara. Bupati bersama rombongan yang disambut ... Selengkapnya (3306 komentar)
  •     Kamis, 07 Januari 2016 Setelah sukses menyelenggarakan pemilihan kepala desa serentak pada tanggal 09 Desember 2015 lalu, maka ditindaklanjuti dengan pelantikan kepala desa terpilih dan penjabat ... Selengkapnya (8943 komentar)

Berita terkini

Selasa, 11 Oktober 2016 - 07:46:53 WIB
PERINGATAN BULAN BAKTI GOTONG ROYONG (BB-GR) KE-13, DAN HARI KESATUAN GERAK PKK (HKG-PKK) KE-44, S
PERINGATAN BULAN BAKTI GOTONG ROYONG (BB-GR) KE-13, DAN HARI KESATUAN GERAK PKK (HKG-PKK) KE-44, SERTA  HARI KELUARGA NASIONAL (HKN) KE-23  DI KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA   Rabu, 25 Mei ... Selengkapnya (6574 komentar)

Jumat, 23 September 2016 - 12:12:32 WIB
BUPATI SBD MELANTIK KEPALA DESA SE KECAMATAN KODI UTARA
Kamis, 09 Januari 2016 Bupati Markus Dairo Talu, SH, melanjutkan pelantikan Kepala Desa dan Penjabat Kepala Desa dari Kecamatan Kodi Bangedo ke Kodi Utara. Bupati bersama rombongan yang disambut oleh Camat Kodi Utara, ... Selengkapnya (3306 komentar)

Kamis, 22 September 2016 - 20:33:14 WIB
BUPATI MELANTIK KEPALA DESA DAN PENJABAT KEPALA DESA KECAMATAN KODI BANGEDO ôKepala Desa berada diga
Kamis, 07 Januari 2016 Setelah sukses menyelenggarakan pemilihan kepala desa serentak pada tanggal 09 Desember 2015 lalu, maka ditindaklanjuti dengan pelantikan kepala desa terpilih dan penjabat kepala desa untuk ... Selengkapnya (8943 komentar)

Twitter Humas SBD

4+

Partner Kami

Kami berkerja sama dengan berbagai lembaga pemerintahan lain. Mengutamakan Kepentingan bersama demi tercapainya suatu tujuan dalam pemerintahan.

image image image image