Bupati SBD Hadiri Penanaman Kopi di Desa Taworara

SHARE

Taworara, Kominfo - Bupati Sumba Barat Daya (SBD), Kornelius Kodi Mete menghadiri penanaman kopi di Desa Taworara Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten SBD, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (2/12/2021).

Bupati SBD mengatakan, penanaman kopi bagi kelompok tani di Desa Taworara hari ini dapat membangkitkan semangat pemerintah desa untuk menyejahterakan masyarakat Desa Taworara dalam mengolah lahan perkebunan.

Lanjut bupati, bukan hanya tanaman kopi yang ditanam, tetapi tanaman-tanaman yang konon ditanam pada siang hari selalu berbuah, tumbuh secara subur dan dapat berkembang. "Siapa menumbuhkan. Tentunya kita semua yang dapat merawat dan menumbuhkan tanaman-tanaman itu," ungkap dia.

Bupati meyakini, Wewewa Barat akan maju, dan bukan lagi desa yang terisolir atau puncak yang tinggi. "Jangan ditutup dan kita relakan untuk orang datang menikmatinya, dan syaratnya adalah kita menyiapkan sarana prasarana dan kondisi akses jalan yang bagus," tambah dia.

Lebih lanjut bupati menyampaikan terima kasih kepada Dandim 1629 yang sudah membantu masyarakat lewat program Hidran PAM di Desa Taworara.

Dia mengatakan, air di sekeliling desa tidak boleh disia-siakan. Penampungan air dan alat-alat yang ada di tempat penampungan jangan sampai rusak, sehingga air itu dapat dinikmati bersama.

“Kalau rusak, maka kita tidak akan mendapatkan apapun, hanya mendapat kutukan dari setiap doa yang tidak bagus. Tapi sebaiknya kita relakan agar kita mendapatkan doa yang bermanfaat untuk kita sekalian, dan saya yakin Desa Taworara ke depan tidak seperti yang kemarin-kemarin,” tuturnya.

Bupati juga mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi di Puskesmas terdekat. “Tolong beritahu keluarga yang belum vaksinasi agar segera datang ke Puskesmas dengan membawa KTP atau KK untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi. Karena ini menjadi prasyarat, supaya 2022 kita terbebas dari COVID-19,” pesan dia.

Hadir mendampingi bupati dalam kegiatan penanaman kopi, Ketua TP-PKK Kabupaten SBD, Margaretha Tatik W. Mete, Kepala Dinas Pertanian Propinsi NTT, Kapala Bapelitbangda Kabupaten SBD, Samuel Biro, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten SBD, Rofinus D. Kaleka, Dandim 1629 SBD, Letkol Inf. Alfat Denny Andrian, Danramil 1629-01 Laratama, Kapten Inf. Zunaidin, Camat Wewewa Barat, Antonius Kette, Kapolsek Wewewa Barat, Kepala Desa Taworara, dan undangan. (MC. Kabupaten SBD/Isto)