Bupati SBD Resmikan Pompa Hydram di Desa Taworara

SHARE

Taworara, Kominfo – Bupati Sumba Barat Daya (SBD) dr. Kornelius Kodi Mete meresmikan pompa Hydram di Desa Taworara Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten SBD Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (31/12/2021).

Peresmian pompa Hydram tersebut disaksikan oleh Dandim 1629 SBD Letkol Inf. Alfat Deny Andrian, Kasat Sabara Polres SBD Iptu Lambertus Purnama, Kadis PUPR SBD, Wilhelmus Woda Lado, ST, Danramil 1629-01 Laratama Kapten Inf. Zunaidin.

Kapolsek Wewewa Barat Ipda Bang Ali Baesapa, Camat Wewewa Barat, Antonius Kette, S.Tp, Kepala Desa Taworara, Asterius Osa Bulu, perangkat Desa Taworara, tokoh Masyarakat, tokoh Adat, tokoh Agama dan tokoh Pemuda serta masyarakat Desa Taworara.

Pompa Hydram yang diresmikan oleh Bupati SBD merupakan bantuan Pangdam IX Udayana melalui Kodim 1629 SBD untuk memudahkan penyediaan air bersih, dengan tema “Negara Hadir Untuk Kita“.

Bupati SBD, Kornelius sebelum meresmikan Pompa Hydram merasa senang dan bahagia dengan upaya TNI melalui Kodim 1629 SBD yang sudah mau membantu masyarakat mendekatkan pelayanan air bersih di desa tersebut.

Hal ini, sebagai bentuk cinta Negara kepada rakyatnya apalagi dengan menerapkan teknologi tepat guna seperti ini.

“Ini sangat membantu masyarakat tidak kesulitan lagi mendapatkan air bersih dan ini juga membuat desa ini tidak lagi terisolir seperti sebelumnya. Kalau desa ini bisa maju, maka SBD juga akan maju ke depannya,” katanya.

Sementara itu, Dandim 1629 SBD Letkol Inf. Alfat Deny Andrian dalam sambutannya mengatakan pompa Hydram yang dibuat  di Desa Taworara ini merupakan salah satu program dari Panglima Kodam IX Udayana untuk Kabupaten SBD salah satunya.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa pompa Hydram yang kita buat di desa ini merupakan salah satu program dari bapak panglima Kodam IX Udayana yang mana kami diberikan amanah khususnya di Kabupaten SBD salah satunya desa Taworara,” katanya.

Dandim 1629 SBD juga menambahkan bahwa pompa Hydram di wilayah Kabupaten SBD ini sudah ada 8 titik termasuk salah satunya di desa Taworara. 6 titik berada di wilayah Koramil 01 Laratama dan  2 titik  di wilayah Kodi yang hasilnya sudah  dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sebelum adanya  pompa Hydram, masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih, lokasi tempat pengambilan air kurang lebih 2Km dari pemukiman masyarakat.

"Pompa Hydram mini merupakan  salah satu upaya kita mendukung program 7 jembatan emas Bupati dan Wakil Bupati SBD salah satunya adalah Desa Berair,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Taworara, Asterius Osa Bulu menyampaikan terima kasih kepada TNI yang sudah memberikan perhatian kepada desanya lebih khususnya di kampung besar Kangali Dima yang selama ini sudah sangat berjasa untuk kemajuan desa.

Dirinya juga minta pada masyarakat Taworara agar menjaga  apa yang sudah diprogramkan  oleh TNI lewat pompa Hydram ini. Karena pompa Hydram ini untuk kepentingan seluruh masyarakat untuk bisa mendapatkan air bersih yang disalurkan melalui pipa air. (MC. Kabupaten SBD/Isto/toeb)