Kecamatan Kodi Targetkan Lunasi PBB Tahun 2022

SHARE

Kodi, Kominfo – Hari terkahir penyerahan SPPT dan DHKB PBB P2 oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) PropinsiNusa Tenggara Timur, Selasa (26/4/22) yang berlangsung di Kecamatan Kodi dan Kecamatan Kodi Utara.

Mewakili Bupati SBD, Assisten Administrasi Umum SBD Drs. Lukas Ng. Gaddi menyerahkan buku DHKP, SPPT P2 dan PBB kepada Camat Kodi Emanuel Kendu Wela, SE di kantor Kecamatan Kodi.

Disaksikan oleh Sekretatis Bappenda Frimery Keremata, M. Si, Danramil 1629-02/Kodi, Kapten Inf Tohir Yuswan Putra, Kasubag Protokol, Paskalis G. Tao Bio, S. Ip, dan para kepala desa sekecamatan Kodi.

Dalam smbutan Bupati yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum SBD, Drs. Lukas Ng. Gaddi, menyampaikan pembayaran PBB perlu ditingkatkan, oleh karena itu perlu dimbangi dengan peningkatan profesionalisme  aparatur pajak termasuk kecepatan menyampaikan SPPT kepada wajib pajak.

Bupati juga berharap camat dan para kepala desa untuk ikut mengawasi dan memantau para petugas pajak dalam menyampaikan SPPT.

Bupati SBD juga menyampaikan potensi PBB di SBD terus mengalami  peningkatan, pada tahun 2021 target PBB sebesar Rp.3.5 Milyar lebih, terealisasi sebesar  Rp.2.9 Milyar lebih (79,18%).

Sedangkan target PBB Kabupaten SBD di tahun 2022 sebesar Rp 5.137.540.159, mengalamai kenaikan sebesar Rp 1.154.881.065.

“Kenaikan ini terjadi karena adanya penyesuaian nilai jual pajak bumi yang sebelumnya selama 5 tahun terakhir , tidak dilakukan penyesuaian-penyesuaian,” ujarnya.

Sebelumnya dalam laporannya, Camat Kodi, Emanuel Kendu Wela, SE., menyampaikan bahwa peredaran uang di Kecamatan Kodi mengalami peningkatan terus dengan adanya bantuan-bantuan pemerintah melalui BLT, Bansos dan bantuan lainnya.

Pada tahun 2021, masih ada desa-desa yang menunggak PBB,  salah satu kendala yang dihadapi adalah tanah-tanah milik investor yang susah dilakukan penagihan oleh aparat desa.

"Kami berharap Bapenda bisa membantu untuk menemukan solusinya agar para investor ini bisa membayar pajak,” katanya.

Sementara itu, dalam arahan Sekretaris Bapenda SBD, Frimery keremata, M. Si, mengucapkan terima kasih pada 13 desa di Kecamatan Kodi yang lunas 100% pada tahun 2021. 6 desa yang belum mencapai 100%.

“Kami berharap pada tahun 2022 ini desa-desa di Kecamatan Kodi bisa mencapai 100% sama dengan beberapa kecamatan lain yang melunasi PBBnya” tutur Sekretaris Bapenda SBD.

Dirinya juga secara khusus untuk Desa Kawango Hari dan Kapaka Mandeta yang saat ini sudah menunjukan prestasi melunasi PBB untuk desa Kawango Hari, sedangkan Kapaka Mandeta hanya mengalami kekurang 2 juta lebih untuk pelunasan.

“Kalau ada persoalan teknis yang dihadapai di lapangan, agar segera menghubungi kami Bapenda SBD untuk segera menyelesaikannya, misalnya ada pendobelan SPPT kita masih mempunyai waktu 15 hari untuk kita bisa verifikasi ulang,” ujarnya. (MC. Kabupaten SBD/Isto/toeb)