Satgas COVID-19 SBD Kembali Melakukan Razia Masker di SPBU

SHARE

Tambolaka, Kominfo – Tim Satgas COVID-19 Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) kembali melakukan razia masker di SPBU Radamata Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Rabu (5/5/2021).

Dipantau oleh media, masyarakat SBD yang datang untuk mengisi BBM, 90% sudah patuh terhadap protokol kesehatan dengan menggunakan masker secara benar.

Dalam razia masker tersebut hanya ditemukan 1 rombongan tenaga buruh PLN yang tidak menggunakan masker saat berada di tempat umum dan beberapa kendaraan roda dua yang menggunakan masker di dagu tanpa menutup hidung dan mulut.

Masyarakat yang lalu lalang di sekitaran SPBU dan penjual maupun pedagang serta toko-toko yang berada di sekitaran semua sudah menggunakan masker.

Dan biasanya apabila masker adanya di dagu hanya dibuka sementara untuk menghirup udara bebas, bisa dimaklumi kota Tambolaka yang terletak di pinggir laut cukup panas suhunya pada siang hari.

Ketua posko pelaksana Satgas COVID-19 SBD, Mathias Jenga, Amd.Kep yang ditemui media di sela-sela kegiatan razia masker mengatakan, pihaknya terus melakukan razia masker untuk memastikan adanya kesadaran masyarakat menggunakan masker saat berada di tempat umum.

Mathias memberi apreasiasi pada masyarakat yang mulai hari ini sampai hari-hari berikutnya terus bertumbuh kesadarannya memakai masker apabila berada di tempat-tempat umum.

“Razia masker hari ini kembali di gelar di SPBU Radamata dengan menegakan aturan apabila masyarakat tidak memakai masker. Maka tidak akan dilayani oleh petugas SPBU, dan kami anjurkan untuk kemabli mengambil masker baru mengisi BBM,” ujarnya.

Mathias menjelaskan saat ini virus baru corona sudah masuk di Indonesia dan diperkirakan sudah sampai di pulau Bali, sehingga masyarakat SBD tetap harus selalu waspada, karena virus corona yang baru tersebut lebih ganas dari sebelmunya.

“Virus baru ini lebih berat dan serangannya lebih ganas, dan saat ini sudah menyerang sampai ke Denpasar, sedangkan Denpasar dengan Tambolaka hanya membutuhkan waktu 1 jam perjalanan saja sudah sampai di Tambolaka dengan orang yang pulang kampung dengan menggunakan pesawat. Menggunakan masker itu salah satu cara untuk menghindar” tuturnya.

Dalam kegiatan razia masker kali ini juga disertai dengan pengumuman oleh petugas Satgas COVID-19 untuk terus mengingatkan masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan.

Masyarakat SBD sudah mulai terbiasa dengan kondisi ini, dan tidak ditemukan adanya perdebatan antara petugas dan masyarakat seperti yang terjadi pada tahun yang lalu.

Tim satgas yang bertugas terdiri atas petugas dari Dinas Kesehatan, TNI, Polri, Satpol PP dan sejumlah awak media yang meliput langsung kegiatan razia masker tersebut. (MC. Kabupaten SBD/Octa/Isto/toeb)