Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Polres SBD Gelar Upacara HUT Bhayangkara ke-76

Tambolaka, Kominfo – Polres Sumba Barat Daya (SBD) menyelenggarakan upacara HUT Bhayangkara ke-76 di halaman Polres SBD Desa Radamata Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Propinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (5/7/2022).

Hadir dalam upacara HUT Bhayangkara ke-76 yakni Kapolres SBD, AKBP Sigit Harimbawan, S.IK, SH, MH, Wakapolres SBD, Kejari Waikabubak, Wakil Bupati SBD, Marten Christian Taka, S.IP, Dandim 1629 SBD, para Kapolsek lintas Polres SBD, staf dan anggota Polres SBD, dan seluruh tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Wakil Bupati SBD Christian Taka mengatakan bahwa beberapa tahun  berdirinya Kabupaten SBD kekosongan Polres terjadi, sehingga masalah Kamtibmas sering terjadi dan bahkan meningkat. Tapi setelah Polres itu ada, terbukti bahwa keamanan di wilayah Kabupaten SBD sudah mulai nampak kembali hingga sampai saat ini.

“Keberadaan lembaga kepolisian sangat dibutuhkan, karena Polri memiliki tupoksinya. Dan masing-masing lembaga memiliki tupoksi, tetapi tujuan yang sama adalah pengayoman dan pengamanan masyarakat. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan tupoksi yang ada secara baik untuk keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan, untuk saat ini Polri berada pada usia ke-76 tahun, kita sama-sama disadarkan bahwa kita hadir untuk kemaslahatan masyarakat. Dilihat dari data statistik, bahwa masyarakat Kabupaten SBD ± 80% adalah petani dan bertani. Dan petani itu bukan berada di kota, yang pastinya berada di desa.

Informasi dan data mengenai perkembangan yang ada dan tuntutan perkembangan yang ada dikala kita lembaga dan sejumlah elemen yang ikut bertanggung jawab tidak sering dengan mereka yang ada di desa untuk menyampaikan informasi atau data perkembangan yang ada, maka mereka akan lambat untuk mendapatkannya.

“Untuk itu, tetap kita membangun komunikasi dengan mereka yang ada di desa. Sehingga apa yang menjadi keinginan republik melalui program nasional, propinsi dan kabupaten akan semudah itu mereka ikuti dan akan semudah itu juga mereka lakukan,” tuturnya.

Sebelumnya, dalam pidato Presiden RI, Joko Widodo mengatakan atas nama rakyat, negara dan bangsa saya menyampaikan selamat hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, bangsa dan negara.

“Saya bersama seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada Polri, kewenangan Polri sangat besar dan organisasi Polri menembus sampai ke tingkat desa serta setiap hari anggota Polri bersentuhan langsung dengan rakyat,” ujarnya.

Dimana pun saudara bertugas, saudara tetap dalam pengamatan rakyat, saudara selalu dalam penilaian rakyat, apakah perilaku Polri sesuai harapan rakyat.

Survei baru-baru kompas 58,3% responden menyatakan tindakan Polri sudah sesuai dengan visi Presisi. Tapi ingat ada 28,6% menyatakan belum selesai, selain membaca survei saya juga terus mengikuti pemberitaan di media sosial.

“Setiap kecerobohan apapun di lapangan, sekecil apapun itu bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri. Oleh karena itu, bekerjalah dengan hati-hati, bekerjalah dengan presisi,” tuturnya. (MC. Kabupaten SBD/Isto)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.